:::: MENU ::::
  • Suitable for all screen sizes

  • Easy to Customize

  • Customizable fonts.

Kamis, 22 Maret 2018


Teknologi Cable 


    Cikal-bakal teknologi Internet Cable sebenarnya dimulai dari pemenuhan kebutuhan konsumen akan siaran televisi yang berkualitas. Asal-usul katil “cable" berasal dari “Community Antenna Television (CATV)”, yan kemudian lebih sering disebut orang sebagai Cable TV. Untuk memaSti‘ kan perangkat TV biasa dapat digunakan untuk Cable TV, teknologi ini memindahkan sinyal-sinyal radio yang biasa disiarkan melalui udara menjadi bentuk sinyal-sinyal yang dapat dilewatkan di dalam bungkusan kabel Coaxial.
Dengan meluasnya penggunaan Cable TV, serta kebutuhan internet yang semakin booming, maka infrastruktur Cable TV ini dimanfaatkan untuk melewatkan data. Bahkan di beberapa negara juga melewatkan sinyal. sinyal telepon. Dengan demikian, maka para penyedia jasa jaringan Cable bisa mengeruk profit lebih banyak dari infrastruktur yang telah mereka buat dengan biaya yang cukup mahal. Beberapa keuntungan yang akan didapat pengguna dari adanya teknologi Cable adalah sebagai l berikut: }
Teknologi Cable yang melewatkan koneksi internet dapat memungkinkan penggunanya melakukan koneksi VPN ke kantor pusat secara non-step, sehingga pengguna bagaikan memiliki jalur pribadi, dengan koneksi yang tanpa henti. Kecepatan transfer yang relatif tinggi dipadukan dengan harga yang tidak terlalu mahal memungkinkan pengguna yang berkantor di rumah dapat menikmati internet cepat juga. Teknologi TV Cable dan internet dapat menciptakan layanan baru, yaitu: TV lnteraktif. Penyedia jasa Cable dapat membuat layanan VOIP melalui infrastrukturnya tersebut, sehingga pengguna bisa menikmati juga telepon ekonomis dari media kabel yang sama, tidak perlu berlangganan media lain lagi.
Kata “Cable” sebenarnya juga merujuk kepada media pembawaannya yang berjenis kabel coaxial. Dalam membuat bentangan kabel yang sangat jauh jaraknya, biasanya digunakan amplifier atau penguat sinyal untuk tetap menjaga keutuhan sinyal selama di perjalanan. Amplifier * akan dipasang pada bentangan kabel coaxial, kurang-lebih setiap jarak I 610 meter. Sinyal yang dikuatkan adalah sinyal frekuensi 50 sampai 860 1 MHz. Lebar frekuensi ini digunakan untuk sinyal TV analog, TV digital, dan layanan komunikasi data. '
uengan perhitungan ini, maka setiap 3O kilometer area coverage, kabel Coaxial membutuhkan penguat sebanyak kurang-lebih 50 buah amplifier sepanjang jalan. Tentunya, arsitektur tersebut cukup merepotkan para administratornya dalam melakukan maintenance. Akan banyak sekali masalah dan kendala dalam menggunakan sistem ini. Oleh karenanya, saat ini arsitektur jaringan Cable tidak lagi dibuat menggunakan murni media Coaxial, namun dibuat juga menggunakan bentangan media fiber optik.
Media fiber optik digunakan dengan tujuan untuk meniadakan amplifier sinyal, membawa sinyal dengan lebih bersih, kecepatan transfer yang lebih tinggi dan dengan jarak yang lebih jauh dibandingkan kabel coaxial biasa. Dengan adanya semua kelebihan ini, maka berbagai kendala yang terjadi di jaringan Cable dapat jauh berkurang, sehingga pelanggan lebih nyaman dalam menonton TV maupun menggunakan koneksi internet.
Namun, media fiber optik tidak ditarik sampai ke lokasi pelanggan, karena media ini hanya bertugas sebagai backbone link. Untuk mendistribusikan informasi sampai ke pengguna, arsitektur jaringan Cable pada umumnya masih memercayakan media Coaxial. Jadi, arsitektur jaringan seperti ini yang merupakan perpaduan Fiber dan
Coaxial dinamai dengan istilah Hybrid Fiber Coax (HFC). ( kursus komputer )

Bahasa pada komputer 

Dalam memasuki dunia IT, sudah pasti bahasa dalam digitalisasi harus dapat dimengerti dengan baik. Di Dunia IT, semua bahasa dalam kehidupan manusia akan diterjemahkan dalam satuan angka. Andaikata dunia manusia hanya mengenal angka 0 dan 1 atau nyala dan padam. Sudah pasti era teknologi lebih cepat berkembang daripada sekarang ini. Mesin komputer sebagai sebuah alat hanya mengetahui adanya aliran Iistrik atau tidak ada aliran listrik. Penanda tersebut dapat mewakili semua yang dibutuhkan manusia untuk membuat komputer dapat beroperasi dengan baik. Sebagai pengguna komputer, kita harus mengetahui dasar perhitungan komputer. Hanya

dengan cara ini kita dapat memahami cara kerja komputer yang lebih baik.

Berikut adalah beberapa terminologi dasar dalam mengerti

bahasa komputer.

. Bit : unit data paling kecil dalam dunia komputer, bit adalah binary digit format yang terdiri atas satu dan nol atau nyala atau padam.

.Byte : unit yang digunakan untuk merepresentasikan data agar data dapat dihitung dengan standard yang sama. 1 byte terdiri dari 8 bit data.

.Nible : setengah dari satuan byte. 1 nible terdiri dari 4 bit data.
kilobyte (KB) :1024 byte atau kira-kira 1000 byte, kilobytes per second (kBpS) representasi dart satuan perhitungan banyaknya data yang dapat dipindahkan dari satu tempat ketempat yang Iain misalnya network connection. 

Selain hitungan data, ada pula perhitungan gelombang yang harus diketahui. gelombang berhubunqan dengan data komputer kursus 

yang bersifat kelistrikan. Berikut adalah satuan yang berhubunqan 

dengan gelombang. 

Hertz : satuan dari frekuensi. Digunakan untuk menghitung banyaknya gelombang dalam tiap detiknya. 

Digunakan untuk pengukuran cepatnya Prossesor pada komputer. 

MHz (MegaHertz) : satuan perhitungan satu juta gelombang dalam satu detik 

GHz (GigaHertz) : satuan perhitungan satu militiar (Jelombanq dalam satu detik. Perhitungan ini biasanya 

ada pada prosessorataupun memory dari komputer.

 Sinyal Analog dan digital 

. Perbedaan yang mendasar antara sinyal analog dan sinyal digital adalah sinyal analog mempunyai nilai yang tidak terbatas tergantunq b‘esar gelombang sedangkan sinyal digital mempunyai nilai yang tetap yaitu nol dan satu.

 Bolean logic gate 

Didalam perhitungan komputasi komputer, terdapat banyak IC yang mengatur semua data yang masuk dan keluar. Perhitungan ini secara dasar terbagi dari 3 hal yaitu AND, OR, NOT. Perhitungan serupa Iainnya seperti NOR, XOR dan Iainnya adalah kombinasi dari tiga perhitungan dasar tersebut.( kursus komputer di bekasi )

sumber 
https://googleschoolindonesia.com/kursus-komputer-di-cikarang

1 komentar:

A call-to-action text Contact us